Studio NOL

Jalan Amaliun, No. 11, Medan, Indonesia

Completed design

Kelanjutan rumah keluarga 'PEMA' dengan tambahan 1 unit rumah dengan privasi terpisah tapi masih meungkinkan aksesibilitas keluarga besar.

Medan Area   |   5 Photos

Client: Ibu Hans

Completed design

Sebuah rumah untuk pasangan muda, dekat dengan area industrial Medan.

Martubung, Medan Labuhan   |   6 Photos

Budget yang ketat selalu jadi tantangan tersendiri bagi perencana dalam mendesain. Tapi pertanyaannya, seberapa bisa perencana dapat berkomunikasi dengan baik tanpa menghakimi dan seberapa bisa sang client dapat dengan baik membedakan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan'. Disini, keterbukaan antara client dan perencana memegang peranan penting.  Juga tidak kalah pentingnya bagaimana perencana dapat meyakinkan client untuk mau menggunakan material-material sederhana. Dengan penanganan yang tepat di tangan perencana, material sederhana tadi dapat memenuhi kebutuhan, persyaratan keamanan dan bagus secara estetika.

Footprint dari lahan tidak dihabiskan, dengan dihadirkannya area terbuka diharapkan menjadi oase di dalam rumah untuk penghuninya. Kadang kala, client merasa rugi ketika lahannya tidak dihabiskan untuk dibangun menjadi ruang-ruang. Tapi sebenarnya, kehadiran ruang terbuka di dalam rumah mencegah kerugian yang lebih besar jangka panjang. Setidaknya, ruang terbuka itu menjadi area resapan ketika hujan.

Sejatinya, membangun sebuah rumah dengan kasus low budget bukan tentang seberapa banyak yang bisa kita habiskan, tetapi seberapa banyak yang bisa kita simpan. Sebuah pendefenisian ulang dari kata 'cukup'.
 

Amaliun, Umanat 11, KOMAT II, Medan   |   6 Photos

Renovasi. Kediaman dr. Gaga dan istri.

Muda, berenergi, inovativ, open minded. Salah satu keberuntungan menemukan client dengan jarak umur yang dekat. Lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk diskusi kemungkinan-kemungkinan baru dalam inovasi desain. Pemilihan material juga sebagai bentuk representasi dari client yang cukup dikenal sebagai pekerja keras dan efektif.

Bromo Regency, Medan, Indonesia   |   8 Photos

Kediaman Ustd. Muhammad Abduh, Lc.

Optimalisasi cahaya dan udara alami jadi concern kami pada projek ini. Dengan lahan yang berorientasi Timur Laut - Barat Daya, memungkinkan menangkap sebanyak-banyak aliran udara alami ke dalam bangunan. Komposisi massa yang cukup sederhana tapi tampil dengan gaya yang cukup dinamis mencerminkan sisi pemilik sehari-hari.

Karya Bakti, Johor, Medan, indonesia   |   7 Photos

Kediaman Bapak Ir. Eng. H. Soekendaryoto, M.Sc.

Pemilik beserta istri yang memimpikan rumah untuk menikmati masa tua berdua, menyalurkan hobi melukis dengan dinding sebagai media, dan rumah sebagai tempat berkumpulnya keluarga besar yang ramai dengan tawa cucu yang masih belia, rumah yang menjadi alasan untuk pulang.

Perumahan Taman Perkasa Indah, Ring road, Medan, Indonesia   |   4 Photos

Simple base camp, Lobi, warung, kedai kopi dan area kerja STUDI-0 yang dieksekusi dengan cara sangat sederhana.

Amaliun, No. 11, Medan, Indonesia   |   5 Photos

Simple, efektif, dan cepat. Itu yang dapat kami deskripsikan untuk projek dan user interior ini. Tidak banyak kompromi dalam proses desiannya, begitu juga user yang sangat efektif memanfaatkan waktu.

Kediaman Bapak Akbar, Jalan Amal   |   8 Photos

Seluruh lantai dua akan direnovasi total oleh pemilik yang sebelumnya berfungsi sebagai kamar kos-kosan menjadi area private. Di lantai dua ini juga terdapat 2 user, ibu-anak, yang berbeda pandangan, selera, kebutuhan.  Keduanya ingin punya batas private yang tegas di lantai atas tetapi melebur dan mencair di lantai bawah. "Dua dunia satu atap".

dr. Mansyur, Medan, Indonesia   |   6 Photos