SOBAstudia

Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia

Perancangan berlokasi di area perbukitan yang terletak di kawasan pengembangan kota Banjarbaru, Trikora. Kondisi lahan yang relatif lebih tinggi dibandingan lahan lain menjadikan lahan memiliki view yang baik menghadap kota Banjarbaru dan pegunungan serta hawa yang sejuk dari tiupan semilir angin. Dengan potensi-potensi tersebut klien menginginkan sebuah hunian dengan konsep Villa dimana hunian ini menjadi tempat memisahkan diri dari kehidupan kota dan mendapatkan privasi secara penuh.

Perancangan dimulai dengan konsep layout hunian. Secara garis besar, layout dikategorikan menjadi dua ruang yaitu Ruang Hunian dan Ruang Sosial. Ruang-ruang ini dikategorikan berdasarkan tingkat privasi yang diperlukan penghuni. Ruang Sosial adalah area yang diisi oleh ruang dengan tingkat privasi rendah, seperti ruang tamu, ruang makan dan dapur. Sedangkan Ruang Hunian adalah area yang diisi oleh ruang dengan tingkat privasi tinggi dan intim seperti ruang keluarga dan ruang tidur. 

Kedua kategori ruang ini terpisah lantai dimana Ruang Hunian berada di lantai atas sedangkan Ruang Sosial berada di lantai bawah. Akses antar lantai menggunakan ramp dengan mempertimbangkan kelandaian dari ramp untuk mengurangi resiko kelelahan ketika mengakses kedua lantai. 

Tampilan hunian mengambil konsep arsitektur modern yang sederhana dengan finishing yang mencoba menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dicapai dengan pemakaian kayu sintesis sebagai aksen tampilan utama serta dinding dengan beton unfinished agar memperkuat tampilan alami pada hunian.

Keselarasan hunian dengan lingkungan tidak hanya dicapai dari tampilan tetapi juga diutamakan pada sistem bangunan dimana pemanfaatan pada masukan sinar mahari dan penghawaan natural dilakukan dengan memanfaatkan bukaan secara optimal. Sistem seperti bukaan ventilasi bawah, kerawang, jendela besar dan ventilasi konvensianal diterapkan agar bangunan bisa dapat berkelanjutan serta hemat energi dan yang paling utama agar hunian tetap nyaman digunakan dalam berbagai kondisi.

Banjarbaru, Kalimantan Selatan   |   6 Photos

Rumah ini memadukan dua konsep rumah yaitu townhouse dan resort. Desain rumah dengan konsep Townhouse terlihat pada yang menggunakan rooster untuk menyembunyikan pintu masuk, begitu pula pemakaian kisi-kisi pada fasad lantai atas yang berfungsi menyamarkan ruang di lantai atas. 

Strategi tersebut merupakan bentuk penekanan untuk menjaga privasi penghuni ketiga melakukan aktifitas di dalam rumah dimana kondisi seperti ini berkesuaian dengan lokasi rumah yang berada di perkotaan dimana aspek-aspek seperti privasi, bising dan debu perlu ditangani secara khusus terutama pada sisi rumah yang terdekat dengan jalan.

Dengan kondisi yang sama, susunan ruang pada rumah juga ditujukan untuk mengedepankan perletakkan area servis dan sosial di dekat jalan sedangkan area hunian berada di belakang agar aktifitas pribadi tidak dapat langsung diakses maupun berdekatan dengan jalan.

Berbanding terbalik dengan konsep Townhouse, sisi belakang rumah ini menerapkan konsep resort di mana terdapat bukaan lebar yang dikombinasikan dengan elemen rekreatif seperti taman dan kolam renang, berada di sisi belakang. Selain itu pengaturan ruang-ruang privat dan hunian seperti kamar tidur dan ruang keluarga juga ditata mengarah ke sisi belakang rumah menghadap ke taman dan kolam renang sehingga konsep resort dapat terwujud dengan baik.

Bekasi, Indonesia   |   6 Photos