bluprin logo

Bluprin aspires to be an online marketplace that brings architexts, interior designers and contractor together and helps them connect with property owners across Indonesia for various design, build and renovation needs.

Featured
bluprin logo

Bluprin aspires to be an online marketplace that brings architexts, interior designers dan contractor together and helps them connect with property owners across Indonesia for various design, build and renovation needs.

Seni Dalam Gaya Hidup Dan Arsitektur Minimalis

Featured

“The simplest things are often the truest.“ Richard Bach. Dewasa kini pilihan gaya dalam kehidupan sehari – hari seseorang telah menjadi semakin simple. Hidup di jaman yang serba cepat dimana terkadang waktu 24 jam sehari tidak cukup membuat masyarakat modern lebih memilih gaya yang compact dan minimalisir hal – hal kecil yang tidak bermakna dalam hidupnya. Bahkan diduga revolusi cara hidup sudah mulai terjadi loh, sesuatu yang esensi lebih diprioritaskan. Dalam arsitektur, gaya bangunan dengan desain minimalis adalah yang melibatkan penggunaan elemen- elemen desain yang sederhana tanpa banyak permainan ornamen dan dekorasi yang berlebihan.

desain rumah minimalis gambar rumah minimalis
©Ludwig Mies van der Rohe

Desain rumah minimalis artinya memprioritaskan hal-hal yang esensial dalam desain. Bentuk yang jujur dengan proporsi yang paling optimal. Gaya arsitektur minimalis mulai berkembang pada tahun 1920an melalui pergerakan gaya kubisme De Stijl dan Bauhaus, lalu mulai dipopulerkan secara praktis oleh arsitek- arsitek modernist seperti Mies van der Rohe dan Le Corbusier pada tahun 1950an. Pasti anda familiar dengan tagline ‘Less is More’ kan? Nah ini salah satu highlight desainnya Mies pada waktu itu. Bentuk- bentuk geometris sederhana (kubisme) seperti kotak dan balok banyak digunakan dalam desain rumah minimalis. Bentukan seperti ini dipercaya dapat memaksimalkan ruang arsitektural sesuai fungsi dan esensinya. Yuk kita intip lebih dalam lagi tentang desain rumah minimalis!

Rumah Minimalis dan Rumah Modern, Apa Bedanya? up arrow

Minimalis dan modern adalah dua termin masa kini yang paling sering digunakan klien kepada desainer untuk menjelaskan gaya desain rumah yang mereka inginkan, kadang terdapat salah interpretasi nih terhadap dua istilah ini. Sebenernya, minimalis dan modern menunjuk makna hal yang berbeda. Modern artinya berkaitan dengan waktu, yaitu semua gaya yang sedang trend di masa kini, waktu sekarang. Jadi kalau dibilang rumah modern tahun 1900 ya beda dengan rumah modern tahun 2000an. Misalnya, pada tahun 1900 rumah modern adalah rumah yang memiliki pilar - pilar tinggi dan banyak ukiran di bagian eksterior. Namun masuk tahun 2000 bentuk rumah modern adalah yang lebih sederhana dengan banyak sudut, Lalu kalau minimalis itu sendiri apa? Nah, minimalis pada dasarnya adalah kata sifat yang memiliki arti sederhana dan tidak rumit. Model rumah minimalis bisa dibilang adalah model rumah yang tidak rumit dan sederhana, tanpa banyak penambahan- penambahan elemen desain yang tidak perlu.

model rumah minimalis
©Cos Design
rumah minimalis sederhana
©Akira Sakamoto CASA

Dari dua gambar rumah minimalis diatas, terlihat bahwa elemen desain dan material yang digunakan dalam desain rumah minimalis itu minim dekoratif dan cenderung polos. Warna yang digunakan dalam kedua gambar rumah minimalis ini adalah warna- warna dasar seperti putih dan abu – abu, dengan sedikit aksen material lain yaitu kayu. Dari bentuk pun terlihat sangat sederhana yaitu bentuk kubus. Area terbuka untuk pintu masuk juga hanya berupa kantilever atau teras berbentuk sederhana.

Rumah Minimalis Sederhana Tidak Hanya Berbentuk Kubus up arrow

Selain bentuk – bentuk kotak dan kubus, desain rumah minimalis juga memiliki beberapa variasi model dari segi bentuk. Bentuk geometris sederhana seperti segitiga dan atau bentuk dengan banyak sudut juga merupakan salah satu ciri model rumah minimalis.

rumah minimalis modern teras rumah minimalis
©Architect Prineas

Model rumah minimalis seperti ini termasuk model rumah minimalis sederhana, cocok untuk mengoptimalkan jika rumah anda hanya terdiri dari satu lantai. Model rumah minimalis sederhana biasanya diterapkan pada rumah dengan lahan yang kecil. Bentuk atap dari dak beton segitiga seperti ini bukan hanya bagus secara eksterior namun juga memberi bentuk interior yang menarik. Walaupun menggunakan warna dasar cat putih namun bentukan langit – langit sudut segitiga ini terlihat menarik secara arsitektural dan memberi efek ruangan menjadi lebih tinggi.

Rumah minimalis sederhana biasanya terdiri hanya dari satu massa bangunan atau satu bentuk bangunan seperti Allen Key House pada gambar diatas dan House U karya Atelier Kukka Architects pada gambar dibawah. Contoh rumah minimalis ini memiliki tampilan sederhana, terlihat dari bentuk juga penggunaan material dominan kayu. Material Kayu Cheddar sebagai fasad rumah ini menginginkan tampilan yang hangat dan menyatu dengan lokasi tempat rumah ini dibangun yaitu daerah yang jauh dari perkotaan dan dekat dengan alam.

©Kukka Architects

Minimalis Modern di Lahan yang Cukup Luas up arrow

pagar rumah minimalis
©Bodron+Fruit

Salah satu ciri rumah minimalis modern adalah kombinasi beberapa material seperti beton, kayu dan kaca. Seperti contoh rumah minimalis pada gambar diatas. Rumah modern ini berdiri diatas yang luas, karena itu memiliki lebih dari satu massa bangunan adalah pilihan penyelesaian desain yang optimal. Halaman depan yang luas berperan sebagai buffer polusi suara dan polusi udara dari lingkungan sekitar rumah. Walaupun cenderung luas desain dibuat tetap minimalis terlihat dari penataan tangga pada area masuk yang berbentuk kotak sederhana pada setiap kenaikan levelnya. Dengan lahan yang luas dan pencapaian kedalam bangunan yang cukup jauh anda dapat menerapkan desain teras yang luas. Terlihat bahwa teras rumah minimalis cenderung terbuka, tinggi dan luas. Teras rumah minimalis juga dapat menjadi vocal point dengan pengaturan pencahayaan yang baik.

contoh rumah minimalis
©Moohoi Architecture Studio

Rumah minimalis modern berusaha menampilkan variasi dalam kesederhanaannya. Seperti rumah karya arsitek dari Korea Selatan ini yang dibangun diatas lahan yang cukup luas dan berkontur. Rumah ini memiliki pagar yang cukup ini. Salah satu ciri khas pagar rumah minimalis adalah tumpukan batako atau bata yang bukan hanya sebagai pagar tapi juga aksen visual pada eksterior rumah. Untuk anda yang suka tanaman menjalar bisa juga di tanam disekitar pagar rumah anda, tanaman dapat memperlembut kesan tegas dari model rumah minimalis yang kuat dengan garis – garis yang tegas, Selain model pagar, rumah satu lantai di atas lahan berkontur ini adalah contoh rumah minimalis yang menampilkan variasi material. Beberapa material yang digunakan adalah seperti bata, beton, kayu dan kaca.

Rumah Minimalis yang Unik up arrow

©Atelier FCJZ

Sederhana dan bentuk minimal bukan berarti tidak menggunakan teknologi material yang inovatif loh. Seperti rumah sekaligus galeri di Cina ini. Bentuk yang minimalis ini mengambil konsep rumah tradisional di Cina yang berbentuk courtyard (taman yang terbuka di dalam rumah), Bentuk yang sederhana seperti ini diterapkan untuk mencapai titik menyatu dengan alam. Yang unik dari rumah minimalis ini adalah bentuk dan material fasad kulit luar bangunan, yaitu material Glass Fiber Reinforced Concrete (or GRC) yang sangat tipis, yaitu sekitar 3mm sehingga memungkinkan bangunan untuk ‘bernapas’ membuat sirkulasi udara dan cahaya juga baik. Selain itu terlihat pagar rumah minimalis ini juga unik yaitu pagar sekaligus ramp dengan sirkulasi berputar antara titik masuk dan titik keluar.

Model pagar rumah minimalis juga sederhana, malah dibeberapa contoh rumah minimalis diatas, tidak terdapat pagar dari rumah- rumah tersebut. Tergantung dari lingkungan dan lokasi hunian anda berdiri, penggunaan pagar rumah minimalis akan optimal jika sesuai dengan bentuk lahan ataupun bentuk rumah itu sendiri.

Kelebihan Desain Rumah Minimalis up arrow

©Bodron+Fruit
©Rubén Muedra Estudio de Arquitectura

Desain rumah minimalis memiliki banyak kelebihan salah satunya dari segi penggunaan material dan pembagian fungsi ruang, Dengan bentuk yang sederhana, anda dapat memanfaatkan secara maksimal fungsi ruang, furniture dan tempat penyimpanan dirumah anda. Penggunaan material yang minim variasi juga dapat mempercepat proses pembangunan dan menghemat biaya. Selain itu karena sekat- sekat yang tidak banyak, bukaan dan batas ruang yang cenderung besar dan transparan, membuat udara dan cahaya dapat mengalir dengan baik di hunian anda. Rumah minimalis anda bukan hanya terasa nyaman dan bersih namun juga sehat.

Interior Desain Rumah Minimalis up arrow

©Luigi Rosselli Architects

Interior desain rumah minimalis juga memiliki makna yang sama dengan desain minimalis secara keseluruhan. Banyak terpengaruh dari bentukan eskterior atau yang ada di ‘kulit bangunan’ interior desain rumah minimalis biasanya memiliki jendela dan langit-langit yang tinggi. Anda dapat menggunakan pintu frame stainless steel dengan kaca untuk menjadi pindu sekaligus jendela anda. Ciri interior desain rumah minimalis adalah bersih, tanpa banyak elemen dekoratif dan menonjolkan bentuk arsitektural bangunan seperti bagian plafon, lantai dan dinding yang cenderung bersih tanpa detail- detail yang bersifat dekoratif, pilihan warna- warna nya pun sederhana dan alami seperti putih, abu-abu, hitam dan warna asli material yang digunakan seperti batu ataupun kayu.

Setelah menelusuri serba – serbi desain rumah minimalis, diatas, terlihat bahwa rumah minimalis bukan hanya berarti memiliki bentuk yang sederhana namun juga dari segi material dan penyelesaian desain yang juga optimal dalam kesederhanaannya. Desain minimalis fokus terhadapat keseimbangan dan kecantikan dalam kesederhanaan, selain itu juga desain yang bersih dan berfokus pada fungsi dan ruang didalam rumah anda.

Contoh Gambar Kamar Tidur Minimalis up arrow

Dalam kesempatan ini mari kita saksikan dengan segera contoh-contoh bangunan bergaya minimalis di Indonesia ataupun di Dania, dan pengaplikasian ide itu dalam eksterior ataupun interior empat tinggal.

Membangun Rumah Minimalis up arrow

Jadi, apakah anda sudah siap membangun rumah minimalis anda sendiri? Klik tombol di bawah untuk lebih lanjut.