MIV Architects

Jalan Tamalanrea Raya, 90244 Makassar, Indonesia

Konsep hotel ini awalnya kami coba menawarkan dengan prinsip Batik Modern dan ternyata berubah 180 derajat setelah presentase awal. Management hotel mengusung tema sport dengan prinsip cost yang minim namun nampak semangat dan bergairah. Ruang-ruang kami coba dengan komposisi yang sederhana dengan balutan wallprinting bertema sport yang setiap wallprinting nya di desain tersendiri. Lebih lama mengerjakan desain wallprinting di banding dengan mendesain elemen ruang di hotel tersebut. Komposisi permainan warna yang atraktif dan dinamis memberi efek tersendiri bagi yang berjiwa sporty apabila menggunakan hotel ini. 

Yogyakarta   |   8 Photos

Klien yang memiliki tanah dengan ukuran yang cukup ekstrim yakni 4 m x 28 m berkeinginan untuk membangun rumah tinggal dan berfungsi juga sebagai mini café yang di peruntukkan bagi mahasiswa yang tinggal di sekitar lokasi rumah. 

Diterjemahkan dengan konsep desain untuk memisahkan 2 bagian ruang rumah dibagian bawah yang bersifat publik dan servis. Diantara keduanya dibuat atrium berupa void yang difungsikan sebagai taman dan ruang tangga untuk ke lantai 2. 

Area terbuka di tengah bangunan juga difungsikan untuk memasukkan penghawaan dan pencahayaan alami mengingat rumah sempit akan sulit mendapakan cahaya alami. Akses cahaya alami juga di terapkan di lantai 2 tepatnya di koridor penghubung antar ruang dengan menggunakan skylight. Skylight yang digunakan untuk memasukkan refleksi dari cahaya matahari ke plat dan dipantulkan melalui plafon teritisan yang kemudian masuk melalui skylight. Jadi cahaya yang masuk kedalam bersifat lembut dan tidak menyengat seperti cahaya matahari langsung

Makassar   |   2 Photos

Prinsip dari operator hotel (Four Points management) yang berkesan cerah dan ceria merupakan dasar yang sangat menarik untuk di kembangkan dalam mood suatu desain. Permainan warna-warna yang terkesan berani menjadi tantangan tersendiri dalam proses desain, bagaimana memadu padan kan berbagai warna dalam suatu komposisi desain. Komposisi elemen warna yang di pilih juga merupakan warna yang berpengaruh kepada psikis pengguna ketika berada di dalamnya.  

Makassar   |   5 Photos

Pada dasarnya unit rumah berada dalam kawasan perumahan dengan typical yang hampir seluruhnya sama dengan rumah lainnya. Kami di minta untuk merombak total khusus di area interior rumah di setiap ruangnya. Ruang-ruang pada unit perumahan memang terkesan sempit maka dari itu kami menawarkan konsep yang sederhana namun tetap elegan dengan memainkan warna-warna yang terang dengan dominasi warna broken white dan tekstur atau warna kayu yang menjadi elemen aksen pada mood ruang. 

Makassar   |   4 Photos