Bondan P Architect

Jl. Wonosari Km 6,5 Yogyakarta

Klien kami berikutnya adalah Ibu Sari. Beliau adalah warga negara Indonesia yang mempunyai suami berkebangsaan Australia dan tinggal disana. Bu Sari mempunyai lahan di Brosot Kulonprogo dan berkeinginan untuk membuat desain rumah tinggal yang akan dibangun diatas lahan tersebut. Rencananya rumah tersebut akan dipakai untuk masa pensiun beliau berdua.

Kami langsung melakukan survey ke lokasi untuk mendapatkan data-data awal. Lahan berukuran 6 x 33 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, membuat kami tertantang dalam mengolah lahan menjadi area rumah tinggal yang baik. Dari analisa data-data tersebut, kami mengusung konsep "rumah gerbong".

Brosot Kulonprogo   |   8 Photos

Klien kami berikut adalah Mas Irfan. Beliau masih muda, lebih muda satu daripada saya sendiri. Pada awalnya beliau menghendaki desain bangunan yang mempunyai dua fungsi sekaligus, yaitu komersial dan hunian. Lantai satu digunakan untuk ruang usaha, dan lantai diatasnya digunakan sebagai rumah singgah.

Lokasi dari site untuk rumah ini adalah di wilayah Wonosari Gunungkidul DIY. Awal pekerjaan kami mulai dengan survey lokasi. Site berada pada tepi jalan kota, dengan kondisi kontur lahan yang menanjak dari jalan besar. Setelah kami survey, kami menganalisa data-data yang didapat. Beberapa hal yang menjadi poin penting diantaranya adalah :

Bangunan ini diharapkan menjadi ikon wilayah setempat

Bangunan dua fungsi, fungsi komersial dan fungsi hunian

Wonosari Gunungkidul   |   5 Photos