id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > PROJECT > DeeRoemah Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

DeeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

BY
fb icon
wa icon
email icon

Project Details: archify.com/project/deeroemah

Terletak di tengah kota Jakarta yang sibuk, DeeRoemah merupakan sebuah proyek renovasi rumah 2-lantai yang duduk di atas lahan 280 m² berbentuk irregular. DeeRoemah terdiri dari 1 kamar tidur utama, 3 kamar tidur anak, ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang kantor, dan sebuah gudang.

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

Menyadari potensi lingkungan sekitar yang tenang, pendekatan desain yang digunakan pada proyek ini adalah pendekatan desain yang jujur. Desain harus bersifat humble dan menyatu dengan lingkungan tetangga. Ide utama desain adalah mempertahankan masa bangunan asli dan memodifikasinya agar menyatu dengan suasana urban secara natural. Salah satunya dengan memanfaatkan ruang di bawah atap pada salah satu sisi bangunan yang bebentuk huruf L ini menjadi satu lantai tambahan.

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

Pada lantai pertama, Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur didesain setransparan mungkin terhadap taman outdoor yang mengelilingi rumah dimana pohon-pohon yang ada digunakan untuk mengaburkan batasan luar dan dalam rumah. Sementara itu, setiap kamar tidur didesain agar memiliki view ke taman kecil.

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

Ruang kantor semi-publik pada lantai kedua yang hanya dapat diakses dari tangga spiral outdoor, juga memiliki level keterbukaan yang sama terhadap area sekeliling dengan penggunaan kaca menghadap teras dan taman. Naungan natural dihadirkan pada salah satu sisi ruang kantor menggunakan sebidang screen kayu yang diposisikan diagonal dimana keterampilan pengerjaannya menonjolkan siluet dari sebuah rumah ‘kampong.’ Screen kayu ini juga berfungsi sebagai building skin menutupi aktivitas di dalam kantor dari sisi luar. Material yang digunakan diambil dari sisa kayu pabrik furnitur.

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

Menyokong konsep yang digunakan pada desain rumah ini, penggunaan material disederhanakan. Lapisan finish semen mendominasi keseluruhan rumah dengan sedikit detail kayu pada bagian fasad dan metal pada tangga outdoor. Kotak tanaman dengan tanaman menjuntai berfungsi sebagai railing dan mengaburkan tinggi rumah sesungguhnya. Elemen lansekap digunakan disini untuk memperlembut keseluruhan desain.

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

Tantangan dan Solusi

Hal yang menjadi perhatian utama pada proyek ini adalah budget klien dan daerah sekitar. Solusinya dadalah dengan mempertahankan struktur beton awal dan memakai ulang beberapa material yang ada. Ini tentu membantu mengurangi budget yang diperlukan dan juga agar desain rumah yang baru ttidak jauh berbeda dari lingkungan ‘kampong’ sekitar.

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

DeeRoemah

Gambar Denah Rumah

Foto: ©GeTsArchitects

Detail Lansekap

Terdapat pohon-pohon yang sudah ada pada kondisi rumah sebelumnya yang dipertahankan dan diintegrasikan ke dalam desain baru. Landscape dan Hardscape pada rumah ini membantu untuk menciptakan suasana dan kesan yang menarik di dalam rumah.

DeeRoemah

Foto: ©GeTsArchitects

 DeeRoemah

Artikel lainnya: Rumah Kubu Tropis

DeeRoemah: Desain Humble Menyatu dengan Sekitar

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon