BAMA Architect

Jl Warung Jati Timur 27E

Massa bangunan yang tipis membuat cahaya dan udara bebas masuk ke dalam semua ruangan pada rumah tinggal Tiara Residence. Taman yang memanjang diletakkan di area samping, sehingga rumah ini memiliki bukaan yang lebar tanpa harus mengganggu privasi pengguna dari jalan utama. Ruang-ruang dengan fungsi aktifitas utama diletakkan tanpa sekat, mengarah ke taman. Elevasinya dinaikkan 1,5 meter dari taman sehingga ruang-ruang servis dibawahnya juga mendapat bukaan untuk pencahayaan dan penghawaan alami.

Atap pelana digunakan sebagai heat bumper, sehingga panas tidak langsung masuk ke dalam ruangan. Fasad depan memakai material batu kasar dan kisi-kisi kayu tinggi yang disusun sedemikian rupa sebagai secondary skin, menciptakan kesan kokoh namun tidak monoton. Entrance berupa teras dapat dicapai melalui tangga yang dilipisi batu batu kasar abu-abu, tanaman diletakkan dan disusun mengikuti jalur sirkulasi, menjadi penyejuk ditengah warna-warna netral yang dihasilkan oleh material batu dan kayu.

Serpong, Tangerang   |   14 Photos

Terletak di sudut jalan, Nakula House merupakan sebuah rumah tinggal 2 lantai dengan konsep modern tropis. Fasadnya didominasi oleh material batu dan kayu, menghasilkan suasana yang teduh dan homey dengan pohon-pohon besar di depannya. Kisi-kisi kayu dipilih sebagai secondary screen, untuk menghalangi panas dan menjaga privasi pengguna. Material batu dipilih dengan sedikit tekstur, sehingga tetap menciptakan kesan clean, masif dan kokoh.

Cahaya alami dimasukkan kedalam ruangan melalui kisi-kisi dan skylight, menghasilkan garis-garis bayangan yang dinamis pada dinding. Bukaan-bukaan yang lebar pada ruang dengan aktifitas utama didesain mengarah ke inner court untuk menciptakan cross ventilation. Mempertimbangkan material yang natural dan low maintenance, material kayu dan batu juga banyak diterapkan pada ruang-ruang dalam.

Bandung   |   19 Photos