ATELIER GILANG KAMAJATI - Studio Nirmana Citra Arsitektura

Studio Nirmana Citra Arsitektura, Kopi Gayo Heritage 3rd Floor

Rumah Kotak Geometris Tanjung Duren

Conceptual dari project residential ini adalah membuat rumah tinggal yang nyaman ditempati oleh keluarga, dengan pendekatan desain Contemporary dan Modern.

Unsur Geometris kotak merupakan basic dari gubahan massanya, Orientasi bangunan merupakan salah satu point yang di highlight pada desain konseptualnya agar pencahayaan dapat masuk ke dalam tiap ruangan. Kami menggunakan pendekatan desain "Solar North" untuk mengkalkulasi dan melakukan perhitungan besarnya dan arah cahaya matahari luar yang masuk ke dalam bangunan.

Concern kami adalah Daylighting diperlukan dalam sebuah rumah tinggal untuk ruang apapun, baik itu ruang kamar tidur (untuk kesehatan dan kualitas udara yang lebih baik), ruang bathroom (menjaga kelembaban), Ruang Keluarga dan Ruang Tamu. Kami pastikan bahwa pencahayaan dan penghawaan pada dalam ruangan dapat terpenuhi dengan baik berdasarkan konsep kami ini.

Warna putih dipilih sebagai unsur Simplicity pada Rumah Kotak ini, karena warna putih identik dengan sesuatu unsur yang simple namun tetap elegant.

Linear adalah sebuah konsep dan penekanan. Salah satu unsur desain Modern adalah unsur Linear dan Geometris.

for the completeness of the design concept emphasis story can be seen at :
www.nirmanacitraarsitektura.com

 

Tanjung Duren   |   4 Photos

NIRO CONCEPT STUDIO NOBLE HOUSE

 

for the completeness of the design concept emphasis story can be seen at :
www.nirmanacitraarsitektura.com
 

Noble House 21th Floor, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta - Indonesia   |   5 Photos

OPEN SPACE OFFICE WITH SUSTAINABLE ARCHITECTURE EMPHASIS in MANDIRI INHEALTH HEADQUARTER

Konsep desain yang dipakai adalah Open Space Office dengan penekanan desain secara Sustainable Arsitektur pada efisiensi penggunaan cahaya dengan cahaya matahari luar sebagai General Lighting.

Dengan adanya pemakaian konsep sustainable maka dapat memaksimalkan besarnya cahaya yang masuk ke dalam bangunan sehingga hal ini dapat membuat effisiensi penggunaan cahaya buatan pada ruangan mencapai 80%. Dengan konsep ini, dalam Office Hour cahaya yang digunakan adalah dari cahaya matahari luar sehingga cahaya buatan seperti lampu RM dalam ruangan hanya digunakan pada saat malam hari atau cuaca diluar sedang tidak memungkinkan (misalnya mendung atau hujan atau gelap). Sedangkan untuk pemakaian cahaya tambahan hanya digunakan sebagai ambience pada ruang.

Memaksimalkan bukaan cahaya untuk dapat memberikan cahaya luar.
Yang kami lakukan adalah kami membuat kajian berdasarkan arah cahaya matahari yang masuk ke dalam bangunan. Lokasi site berada di Menara Palma dengan titik koordinat 6.226620S dan 106.833434E. 

Pada desain office ini kami maksimalkan penggunaan cahaya alami dimana dalam penggunaan konsep ini maka akan ada efisiensi daya untuk pemakaian Listrik, Pencahayaan Buatan secara keseluruhan pada pagi dan siang hari bahkan menjelang sore hari, pada area working staff tidak diperlukan pencahayaan buatan dikarenakan dengan konsep ini akan dapat terpenuhi kebutuhan pencahayaannya.

Konsep dengan penggunaan Workstation berpartisi tinggi menyebabkan ruangan terasa sempit apabila space yang digunakan tidak besar, konsep office yang common digunakan pada beberapa perusahaan.

Pada Office HQ ini, konsep dengan Open Space digunakan yaitu dengan menghilangkan berbagai partisi antar meja karyawan, hal ini merupakan concept keterbukaan dimana tiap area akan menjadi sebuah kesatuan desain dengan expose material mixed pada beberapa bagian. Konsep ini merupakan perwujudan dari konsep Integrity dimana secara arsitektural kami wujudkan dalam sebuah open space konsep. Wujud sebuah keterbukaan, visinya adalah sebuah kepercayaan adalah identik dengan kejujuran, kejujuran identik dengan keterbukaan.

Salah satu konsep yang diusung dalam penataan desain ruang baik itu untuk layout dan juga interior adalah sebuah unsur Linear. Dimana garis - garis Linear dan tegas dijadikan sebuah pattern pembentuk Horizon. Menyambung area dari satu zoning ke zoning lainnya, dan pembatas linear antara material pembentuk ruang.

Linear adalah sebuah konsep dan penekanan. Salah satu unsur desain Modern adalah unsur Linear dan Geometris.

for the completeness of the design concept emphasis story can be seen at :
www.nirmanacitraarsitektura.com

 

Menara Palma 19th-21th Floor, Rasuna Said Kuningan, Jakarta - Indonesia   |   7 Photos

Design Philosophy "5 Elements Creation"

Pada project ini, kita menggunakan concept tentang 5 elemen. Dengan Design Concept Philosophy "5 Elements Creation", Elemen yang kita pakai adalah unsur-unsur pembentuk alam, yaitu Fire, Earth, Wood, Steel and Water. Filosofi ini, kami tuangkan dalam sebuah concept dimana pembagian zoning terbagi berdasarkan filosofi tersebut, dan untuk Hirarki ruang tetap merupakan hal yang wajib untuk dikedepankan.

Pembagian zoningnya adalah sebagai berikut, Fire-Wood-Earth-Steel-Water

Area yang merupakan awal dari cerita ini adalah Fire. Pengambilan unsur Api ini merupakan analogi dan filosofi tentang sebuah penciptaan, Banyak hal yang dikaitkan dengan api dalam unsur penciptaan.

emudian muncullah Area Wood, dan ini adalah sebuah fase penghancuran, dimana api akan membinasakan kayu. Setelah area tersebut kita akan berada di Area Earth, dimana setelah masa penghancuran maka akan ada masa Pemulihan, dan pada masa ini lah kita mengingat tentang Bumi. Tanah adalah benda mati yang memiliki unsur-unsur kehidupan. Bahwa semua akan kembali ke Bumi, alam adalah segalanya, maka pada area ini kita akan lebih focus untuk ambience earth yaitu berupa tanah dan batu.

Dan pada area terakhir adalah Steel, yang mana merupakan perlambang masa kini, sebuah modernisasi dan  yang merupakan masa kejayaan.

Setelah semua area tersebut maka tibalah di Elements Water, hal ini lah yang merupakan pelengkap dari semua area. Element Water ini kita menganalogikan dengan Air, yang mana air diharap akan dominant di tiap area nya. Yup, tepat sekali philosophy Element Water ini adalah minuman/beverages, yang mana nantinya berupa Cocktails, etc.

Rangkaian tersebut merupakan ringkasan cerita sebuah perjalanan dimana semua memiliki sebuah proses, entah proses itu baik atau buruk terlihatnya, namun pada akhirnya tujuan sebuah kejayaan lah yang merupakan tujuan akhir tersebut.

"Fire Area"
Salah satu area yang di highlight adalah Area Fire.
Kenapa harus di Highlight?? Karena sifat dasar dari Api adalah selalu tegak berdiri ke atas, sudah jelas kalau area ini harus stunning!! Yup, harus menarik perhatian dan harus jadi bahan perhatian tentunya.


for the completeness of the design concept emphasis story can be seen at :
www.nirmanacitraarsitektura.com

Menara BTPN 3nd Floor, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta - Indonesia   |   6 Photos

Simetri Concept dalam sebuah Geometri.

Untuk Project KPM MANDIRI INHEALTH JKT 1 & JKT 2 ini konsep yang kami pakai adalah sebuah Simetri Office Space, dimana penekanan desain lebih ke arah penyatuan konsep Simetri dalam sebuah Geometri.

Pada project ini TOR nya adalah memfasilitasi kebutuhan 2 Kantor, yaitu Kantor Pemasaran Jakarta 1 & Kantor Pemasaran Jakarta 2 pada lahan site eksisting yang sama.

Area Zoning pada KPM 1 & KPM 2 dikonsep dengan memiliki luasan area yang sama.
Hal ini berdasar kepada jumlah kebutuhan ruang dan jumlah karyawan (baik jumlah karyawan saat ini dan dengan jumlah estimasi pertambahan karyawan pada tahun berikutnya) untuk KPM 1 & KPM 2 memiliki jumlah yang sama. Untuk itu maka kebutuhan untuk area nya pun dibuat sama.

Kami berpendapat bahwa kedua pihak ini, yaitu KPM 1 & KPM 2 harus memiliki hirarki yang sama, dimana kedua belah pihak adalah sebuah Office Branch yang sama dari suatu corporate, yang memiliki kedudukan yang sama dan memiliki sebuah fungsi dan kemampuan / competensi yang sama dan kredibilitas yang sama baiknya.

Maka kami akan membuatkan sebuah Kesetaraan concept.

Secara arsitekturalnya pda penekanan Spape & Proportion, kami wujudkan dalam sebuah space / size yang sama antara keduanya dengan base Geometris Kotak sebagai basic dari Gubahan Massanya.

for the completeness of the design concept emphasis story can be seen at :
www.nirmanacitraarsitektura.com

Menara Palma 5th Floor, Rasuna Said Kuningan, Jakarta - Indonesia   |   5 Photos