Architectron

Jakarta

Rumah tinggal ini berlokasi di jakarta utara dengan luas lahan 770 m2 terdiri dari 2 lantai dan 1 attic serta roof garden.

konsep dasar rumah tinggal ini adalah 2 massa bangunan namun 1 atap, yang masing masing dihuni oleh keluarga besar dan massa yang lainnya dihuni oleh pasangan muda. diantara 2 massa bangunan dihubungkan dengan kolam ikan yang bagian atasnya dilapisi dengan kisi kisi kayu ulin sehingga cahaya dan sirkulasi udara masuk kedalam rumah tinggal ini.

Dinding keliling Rumah tinggal didesain agar tidak menempel dengan dinding tetangga sehingga terbentuk taman sisi dalam rumah mendapat pencahayaan alami dan sirkulasi udara dari semua sisi. Sistem tanaman pot digunakan agar penghuni lebih flexible dalam mengganti jenis tanaman. Finish lantai atap menggunakan kombinasi terrazo peeblewash cor dan keramik batu alam.

PIK   |   7 Photos
Jakarta   |   7 Photos

Rumah tinggal ini didesain untuk menampung 1 keluarga inti, tampak luar bangunan ini didesain natural, apa adanya, nihil ornamen, dengan kombinasi stucco putih dengan shading tanaman sulur yang menjuntai dari roof garden. Permainan bentuk geometri seperti kubus dan silinder mendominasi exterior rumah ini.

Secara sengaja lantai 1 didesain menjadi 1 kesatuan. Foyer,  pantry, ruang makan, dan ruang keluarga hingga teras belakang dengan taman yang luas seakan menjadi 1 ruang yang tidak jelas lagi batasnya dan cocok untuk mengadakan acara keluarga. Lantai 2 dan attic adalah area ruang duduk & kamar tidur. Suasana yang terang, lega, & nyaman tercipta dengan plafon yang tinggi, & banyaknya bukaan di semua sisi sehingga terjadi sirkulasi udara dan cahaya alami masuk ke dalam ruangan secara optimal.

-   |   11 Photos