ARADIGMA

JL Taman Sulfat IV Blok E1-2, Malang, Jawa Timur 65122

Rumah Bima adalah tipe lainnya dari rumah di kompleks Amerta Palma, Malang, sebuah kelompok hunian dengan lima unit rumah namun tetap dirancang untuk memberikan kenyamanan.

Rumah Bima memberikan jawaban untuk tantangan lahan kapling 8x11m dengan mewujudkan ruang yang mengalir tanpa sekat pada lantai dasar. 'Void' ruang makan menciptakan kesan luas dan menyatukan lantai atas dan bawah. Void juga memberikan kesempatan sirkulasi udara yang lebih baik, membantu mendapatkan suhu ruangan yang lebih nyaman.  Tangga diekspos sebagai elemen pemersatu dan memberikan kesan pengalaman ruang yang menarik.

Rumah Bima mendapatkan karakter tersendiri dengan desain dan permainan bidang dan pola geometris serta material pada muka bangunan.

Perumahan kecil terkadang dirancang seadanya, namun Rumah Bima memberikan keseimbangan antara aspek desain yang berkarakter dengan aspek ekonomis dari pemberi tugas.

Jl SImpang Candi Panggung   |   3 Photos

Rumah Arjuna merupakan salah satu tipe unit rumah di kompleks Amerta Palma, Malang, sebuah kompleks kecil dengan lima unit rumah namun tetap dirancang untuk memberikan kenyamanan.

Rumah Arjuna mengatasi tantangan lahan kapling 7x11m dengan memanfaatkan ruang yang mengalir tanpa sekat pada lantai dasarnya dilengkapi dengan langit-langit tinggi pada bagian void. Keberadaan 'void' ruang makan menciptakan kesan luas dan penyatuan lantai atas dan lantai bawah. Void juga memberikan kesempatan sirkulasi udara yang lebih baik, membantu mendapatkan suhu ruangan yang lebih nyaman.  Tangga diekspos sebagai elemen pemersatu dan memberikan kesan pengalaman ruang yang menarik.

Permainan bidang dan pola geometris serta material pada muka bangunan memberikan karakter tersendiri bagi Rumah Arjuna.

Perumahan kecil terkadang dirancang seadanya, namun Rumah Arjuna memberikan keseimbangan antara aspek desain yang baik berkarakter dengan aspek ekonomis dari pemberi tugas.

Malang   |   3 Photos

“Rumah yang personal”

Di antara bangunan rumah sekitar yang cenderung tipikal, rumah ini dirancang untuk lebih menghadirkan karakter personal pemiliknya. Geometri bidang-ruang dan material dikomposisikan untuk mencapai hal tersebut. Ruang-ruang dikomposisikan untuk menunjukkan dan mewadahi kebutuhan dan pengalaman ruang personal para penghuni.

Lahan yang cukup lebar memberikan kesempatan untuk melepaskan bangunan dari sekitarnya dan memberikan kesempatan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik. 

Desain: 2 lantai | Lokasi: Malang | Status desain: Proposal Desain 2016

 

“A house with personal look”

Among the typical surrounding houses, this house is designed to show the owner’s personal character. Geometrical play on plane-space and materials are composed to achieve it. Beyond that, the spaces are composed to reflect the personal needs and experiences of the occupant.

The advantage of wider site gives opportunity to detach the house from its surrounding hence create chances for better air circulation and natural lighting.

Design: 2 storey | Location: Malang | Status: Design Proposal 2016

 

Malang   |   1 Photos

“Bagaimana seharusnya kita berkantor di kota tropis?”

 

Bangunan kantor industri kreatif pertelevisian dan layanan digital. Merespon iklim kotatropis dengan meminimalkan ruang kerja yang tertutup dengan AC. Menyediakan selasarterbuka sebagai “beranda tropis” sebagai wadah bekerja informal dunia kreatif.  Selasar terbuka memberikan kesempatan sirkulasi udara dan cahaya alami yang baik denganmenggunakan kisi vertikal pada selasar dan selubung panel aluminium berlubang pada ruang tangga.

 

Ruang kota direspon dengan menyediakan ruang semi publik terbuka yang dapat digunakanuntuk kegiatan. Pemisahan jalur kendaraan dan pengutamaan pejalan kaki dan pesepedamembantu menciptakan ruang kota yang lebih manusiawi. 

 

Desain dan bentuk mengambil inspirasi dari abstraksi dunia digital dan konteks lokalitasornamen Kalimantan.

 

Desain: 4 lantai, lahan 400m2, bangunan 695m2 | Lokasi: Balikpapan | Status desain: Pesertasayembara 2015 

 

Deskripsi lebih lanjut dapat dilihat di http://www.aradigma.com/index.php/portfolio-item/kantor-cyber-borneo/ 

 

“How should we experience office buildings in the tropics?”

Office building for creative industry in television and digital services. Responding to the tropical climate city by minimizing closed working spaces hence minimizing the cooling load. Open corridor is provided which functions as “tropical verandah” as a place for creative industries’ informal working style.

The open corridor creates good cross ventilation and natural lighting which is filtered through vertical fins at the corridor and perforated aluminium panels at the staircase.

The design responds to the city space by providing open semi-public space for events. Separating vehicular access and prioritizing pedestrian and bicycle would help making the city space more friendly.

Design and form are getting inspiration from the abstraction of digital data, local ornament and context from Kalimantan.

 

Design: 4 storey, site area 400m2, GFA 695m2 | Location: Balikpapan | Status: Competition Entry 2015

 

Please find more description and diagrams at  http://www.aradigma.com/index.php/portfolio-item/kantor-cyber-borneo/ 

Balikpapan   |   3 Photos